Posted by : Computer Club Smanthree Kamis, 31 Januari 2013


Array Multidimensi
Pak Dengklek memberikan Anda sebuah matriks berukuran N x M (1 ≤ N, M ≤ 100). Elemen pada baris ke-i dan kolom ke-j adalah aij (1 ≤ aij ≤ 100). Cetak kembali matriks tersebut setelah diputar 90 derajat searah jarum jam.

Format Masukan

Baris pertama berisi dua buah bilangan bulat N dan M. N baris berikutnya masing-masing berisi M buah bilangan bulat aij.

Format Keluaran

M buah baris, masing-masing berisi N buah bilangan bulat yang menyatakan matriks pada masukan setelah diputar.

Contoh Masukan

4 3
34  87  15
66  71  52
47  47  48
45  75  35

Contoh Keluaran

45  47  66  34
75  47  71  87
35  48  52  15

Petunjuk

Anda akan belajar menggunakan array dua dimensi yang berguna misalnya untuk menyimpan sebuah matriks. Array dua dimensi adalah array yang diakses menggunakan dua indeks. Misalnya, Tabel[a,b] adalah elemen dari array dua dimensi bernama Tabel pada baris berindeks a dan kolom berindeks b. Deklarasi array dua dimensi mirip dengan array satu dimensi, kecuali bagian <jangkauan harga indeks> berisikan dua jangkauan yang dipisahkan tanda koma (','). Misalnya
Tabel: array[0..99, 0..99] of integer;
adalah array dua dimensi (membentuk matriks dua dimensi) berukuran 100 x 100.
Harga-harga matriks dapat dibaca dengan urutan baris masukan sesuai dengan urutan baris matriks, dan pada setiap baris masukan harga elemen-elemen matriks dalam satu baris dituliskan dari kiri ke kanan dengan dipisahkan satu spasi. Untuk membaca satu baris, program Anda harus membaca satu demi satu harga dengan for-loop. Agar pembacaan masih pada baris yang sama, maka jangan gunakan perintah readln, tetapi gunakan read. Jadi program Anda perlu menggunakan dua nested for loop: for loop luar untuk per baris, dan for loop dalam untuk elemen-elemen dalam satu baris.
Demikian juga, saat penulisan keluaran diperlukan dua nested for loop tetapi dengan iterator yang berbeda. Penulisan setiap elemen bukan dengan writeln tetapi dengan write, agar dapat menuliskan beberapa harga dalam satu baris. Setelah selesai menuliskan harga-harga dalam satu baris, gunakan writeln untuk turun ke baris berikutnya. Jangan lupa menyertakan satu spasi untuk memisahkan satu elemen dengan elemen berikutnya, dan jangan ada spasi yang berlebih di akhir setiap baris.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate to

Jam

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Computer Club Smanthree (CCS) -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -